8 Aplikasi Untuk Membuat Website Yang Wajib Anda Ketahui


Image result for website logo

Jaman sekarang ada begitu banyak aplikasi dan tools yang bisa anda gunakan untuk membangun website. Apapun masalah yang anda temui ketika membangun website, selalu ada saja aplikasi yang bisa mengatasi masalah tersebut. 

Aplikasi desain web berbasis WYSIWYG atau What you see is what you get (Apa yang anda lihat adalah apa yang anda dapatkan) membuat tugas desain anda menjadi lebih mudah. Pada artikel kali ini, kita akan membahas aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk membangun website anda sendiri. Berikut ini adalah daftar nya :

1. CMS Wordpress

Image result for wordpress logo

Bisa dibilang bahwa WordPress adalah kompetitor kuat Blogger. Kedua merek ini bersaing ketat dalam besaran jumlah pengguna. Dari segi persyaratan, WordPress juga hanya mewajibkan calon user untuk memiliki akun e-mail yang masih aktif. Namun, jika Blogger lebih segment oriented pada Google Mail, WordPress cenderung netral pada semua layanan e-mail.

Keunggulan-keunggulan dari WordPress, terutama dibandingkan dengan Blogger, adalah sebagai berikut :

  • User interface lebih cantik dan variatif. Terutama penyedia template untuk tampilan website besutan WordPress lebih banyak dibandingkan Blogger.

  • Citra eksklusifnya lebih kuat dibanding kompetitor.

  • Saat ini, WordPress merupakan merek pembuat website dengan jumlah user tertinggi di dunia, tepatnya 24% dari total populasi seluruh dunia.

  • Patch keamanan tingkat tinggi sehingga tidak mudah dibobol.

  • Sebagaimana halnya dengan Blogger, aplikasi untuk membuat website yang satu ini juga tersedia secara online, dalam bentuk software, dan aplikasi.

2. InVision Studio

InVision Studio hadir dengan banyak fitur untuk membantu Anda membuat interface interaktif yang indah, termasuk Tool untuk fast prototyping, desain web responsif, dan bekerja dengan sistem desain.

Selain itu, Anda dapat membuat animasi dan transisi khusus ini dari sejumlah gerakan atau gesture dan interaksi seperti swiping, clicking, serta hoovering. Anda dapat melihat langsung hasil website anda dengan mengeksport prototype website melalui InVision

Selain itu, InVision memiliki fitur Layout engine yang secara otomatis menyesuaikan desain website anda baik pada layar desktop, tablet, maupun smartphone. Dengan demikian anda tidak perlu mengatur tingkat responsif dan bisa lebih fokus pada desain website saja.

Baca Juga: Jenis Jenis Framework Terbaik 2020

3. Sketch

Bohemian Coding's Sketch adalah salah satu platform desain web yang paling banyak digunakan. Sketch adalah tool berbasis vektor yang sangat canggih untuk membangun interface dan prototype secara kolaboratif. Sketch dibuat khusus untuk membuat website dan aplikasi sehingga tidak ada fitur-fitur yang berpotensi merusak interface dan lebih cepat, lebih efisien dengan cakupan fitur yang luas.

Dapatkan Diskon 20% Kursus SEO Terbaik Sekarang Juga

Sistem built-in grid pada sketch memudahkan desain interface anda, jika dibandingkan dengan photoshop yang memiliki fitur serupa, sketch jauh lebih unggul karena lebih ringan, dan user friendly.

Namun sayangnya sketch hanya tersedia bagi OS Mac dan tidak ada kabar akan hadirya sketch di platform lain. Tapi tenang saja, beberapa tahun belakangan telah hadir aplikasi serupa yang bisa anda install di OS windows yakni Lunacy.


4. Notepad++

Aplikasi Gratis Terbaik untuk Desain Notepad++

Notepad ++ hadir dengan tampilan yang lebih bersih dan sederhana tanpa terlihat ramai meskipun memiliki banyak fungsi, karena fungsi-fungsi yang dulu ada di notepad dikelompokkan ke dalam menu yang sesuai dan beberapa di antaranya dapat diakses dari menu yang ada di bagian atas aplikasi.

Notepad++ adalah editor source code simple dangan banyak fitur seperti :

  • Syntax highlighting akan membuat anda lebih mudah untuk membaca dan memahami kode anda sendiri.

  • Code folding memungkinkan anda untuk collapse /menutup beberapa area kode untuk sementara agar anda dapat fokus pada area lainnya yang sedang anda kerjakan.

  • Auto-completion membantu anda memasukkan kode  lebih cepat dan akurat.


5. Bootstrap

Bootstrap jelas bukan alat baru dan anda tentunya akrab dengan aplikasi web ini. Pada versi terbarunya (4.4.1, diluncurkan November 2019), bootstrap memperkenalkan container responsive baru, dan kelas .row-cols responsif baru untuk menentukan jumlah kolom pada breakpoint secara efisien.

Bootstrap juga baru-baru ini meluncurkan Icon library yang bersifat open source yakni Bootstrap Icons. Bootstrap icon dirancang agar bisa sinkron dengan komponen-komponen Bootstrap lainnya.


6. Adobe Dreamweaver CC

Image result for adobe dreamweaver cc

Aplikasi Adobe Dreamweaver CC adalah salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan oleh banyak pelaku industri kreatif khususnya web developing.

Aplikasi ini berperan sebagai visual yang berguna sekali untuk merancang, menerbitkan, dan mengelola situs web.

Aplikasi Dreamweaver menawarkan banyak fitur powerful untuk desainer dan programmer. Kendati di awal kemunculannya dianggap terlalu sulit bagi pemula, tetapi kini pengalaman onboarding Adobe dirancang untuk membantu siapapun yang baru memulai project pembuatan website yang bahkan prosesnya dari nol.

Aplikasi Dreamweaver CC menggunakan editor WYSIWYG dan editor kode yang dapat bekerja dengan baik di perangkat PC Windows dan Mac. Anda dapat menggunakannya untuk menulis HTML, CSS, JSP, XML, PHP, JavaScript, dan bahasa pengkodean lainnya. Saking luasnya, aplikasi ini juga dapat membaca template WordPress, Joomla, dan Drupal, dan bahkan mencakup sistem kisi untuk melakukan tata letak responsif dalam tiga ukuran perangkat sekaligus.

Kemampuan ini menjadi penghemat waktu dalam merancang situs untuk desktop, tablet, dan ponsel. Sebagai sebuah aplikasi untuk membuat website, hampir tak ada kekurangan yang bisa dieksploitasi di Dreamweaver


7. Affinity Photo

PC atau laptop anda mulai terasa berat kinerjanya karena menggunakan photoshop ? tenang saja, kini hadir alternatif untuk menggantikan photoshop yaitu affinity photo. Affinity photo merupakan penggabungan 2 elemen berbeda menjadi satu yakni photoshop dan illustrator namun dengan beban kerja komputer yang lebih ringan. Affinity photo menawarkan fitur seperti tool canggih untuk mengedit gambar dan membuat desain interface menarik untuk website anda. Selain versi desktop, affinity photo juga tersedia untuk versi Ipad nya.


8. PageBreeze

Image result for pagebreeze logo

Aplikasi PageBreeze merupakan aplikasi editor HTML yang berhasil memenangkan banyak hati programmer, bahkan sempat menyabet beberapa penghargaan sebagai editor HTML terbaik. Kemampuan utamanya adalah adanya mode visual (WYSIWYG) dan tag atau sumber HTML.

PageBreeze menekankan pada kesederhanaan dan kemudahan penggunaan, sehingga bisa direkomendasikan untuk pengguna pemula.

Fitur-fitur unggulan yang ada pada Aplikasi PageBreeze.

  • Editor HTML visual (WYSIWYG) berfitur lengkap tetapi mudah digunakan untuk membuat halaman web.

  • Versi 5.0 memiliki editor yang sepenuhnya diperbarui.

  • Editor visual freeware mempunyai daftar sumber kode warna. Anda dapat beralih antara sumber HTML dan mode visual kapan saja dengan mengklik mouse, dan setiap perubahan yang Anda buat akan langsung bisa dilihat di kedua mode.

  • Mode pratinjau.

  • Mempunyai template halaman web dan akses langsung ke ratusan template situs web gratis.

  • Fitur pembuatan form yang dapat dengan cepat dan mudah dipergunakan.

  • Integrasi internal dengan basis data PageBreeze.

Sumber : creativebloq.com



IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



27 December 2019 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Pengertian Dari SSL (Secure Socket Layer) Dan Kegunaannya Next Post CSS Tutorial : Cara Menggunakan CSS Untuk Memperindah Website Anda