Kapankah Laptop Anda Sebaiknya Shutdown, Hibernate, Atau Sleep ?

Dalam aktivitas sehari-hari, kita seringnya membutuhkan laptop untuk mengerjakan  tugas ataupun untuk keperluan lainnya. Oleh karena itulah, kita sebaiknya mengetahui kapan sebaiknya kita memilih shutdown, hibernate ataupun sleep. Berikut saya berikan tips, kapan Anda sebaiknya memilih shutdown, hibernate, ataupun sleep.


1.      Shutdown

Jika Anda memilih mode Shutdown, maka komputer akan mematikan sistem operasinya sehingga seluruh program yang dijalankan akan otomatis tertutup. Dan mode Shutdown ini tidak akan mengonsumsi daya baterai sehingga lebih hemat. Oleh karena itulah, Anda sebaiknya memilih mode Shutdown, saat Anda sedang tidak menggunakan komputer/laptop dalam waktu yang cukup lama karena dapat menghemat daya baterai dan mencegah laptop/komputer menjadi panas.karena jika Anda akan menggunakan komputer/laptop Anda kembali dalam waktu singkat dan ingin melanjutkan pekerjaan Anda kembali maka Anda harus menunggu proses booting lagi dan membuka programnya kembali sehingga hanya akan menyita waktu.


2.      Hibernate

Jika Anda memilih mode Hibernate,  pekerjaan terakhir Anda akan disimpan ke dalam drive penyimpanan sehingga ketika Anda menghidupkan laptop/komputer, Anda akan segere terhubung dengan pekerjaan Anda yang terakhir. Mode Hibernate juga tidak mengonsumsi daya baterai sehingga lebih hemat dari mode Sleep tetapi proses untuk memulai aktivitas laptop/komputer Anda  tidak secepat mode Sleep. Oleh karena itulah, Anda sebaiknya memilih mode Hibernate, saat Anda ingin meninggalkan komputer/laptop Anda dalam waktu yang cukup lama tanpa ingin menutup program-program yang Anda jalankan atau kerjakan sebelumnya meskipun membutuhkan banyak waktu untuk menjalankan komputer/laptop Anda kembali.

 

3.      Sleep

Jika Anda memilih mode Sleep, maka pekerjaan terakhir Anda masih tersimpan dan pada mode ini, komputer tidak mengonsumsi daya baterai cukup banyak karena hanya dipergunakan oleh memoti komputer bukan untuk komponen komputer/laptop lainnya.

Meskipun mode Sleep mengonsumsi baterai lebih banyak dibandingan dengan mode Shutdown dan Hibernate, mode Sleep lebih cepat prosesnya dalam menghubungkan Anda dengan pekerjaan terakhir Anda tanpa harus menunggu proses booting. Oleh karena itulah, Anda sebaiknya memilih mode Sleep ketika hanya akan meninggalkan pekerjaan Anda di laptop/komputer dalam waktu yang singkat. Sehingga ketika Anda akan melanjutkan pekerjaan Anda, tidak perlu waktu lama bagi Anda untuk dapat terhubung langsung dengan pekerjaan Anda.




(MV)


DATA PESERTA TRIAL DAN KONSULTASI

  
  
Loading...



Komentar