21 Peluang Usaha Yang Menjanjikan Dari Bisnis Modal Kecil

21 Peluang Usaha Yang Menjanjikan Dari Bisnis Modal Kecil

Setiap orang butuh penghasilan untuk bertahan hidup.

Sebuah usaha bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan mendirikan perusahaan besar sendiri maupun usaha gabungan.

Itu jika kamu punya modal besar, bagaimana jika kamu hanya punya modal yang terbatas?

Tenang saja, kamu tetap bisa melakukannya, bahkan bisa kamu lakukan di rumahmu sendiri.

Ada cukup banyak usaha kecil atau bisnis modal kecil tapi ke depannya bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

Apa ada?

Ada. Berikut ini ada 21 peluang usaha yang menjanjikan dari bisnis modal kecil yang dirangkum dari situs Stoqo.com dan sumber lainnya.


1. Toko Sembako

Untuk yang satu ini, sudah umum dilakukan orang.

Kamu bisa membuka toko kecil di lingkungan rumah. Kenapa sudah banyak orang yang melakukan? Karena membuka toko sembako bisa dikatakan usaha yang menjanjikan.

Kamu perlu mempunyai tempat berlangganan/agen untuk membeli berbagai barang yang akan dijual. Juallah barang-barang yang menurut kamu akan laku di daerah itu. Setiap tempat pasti akan berbeda-beda kebutuhan. Jangan menyamakan tempat kamu berjualan dengan tempat lain.

Contoh: jika toko kamu dekat dengan sekolah maka kamu bisa berjualan berbagai makanan dan minuman ringan.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp. 1.000.000


2. Jasa Pembuatan Souvenir

Jika kamu suka membuat kerajianan tangan, kamu bisa menekuni bidang usaha ini.

Souvenir sering kita temui dalam berbagai acara, seperti perayaan ulang tahun, pernikahan, hingga seminar. Sebuah usaha dengan target pasar yang luas.

Kamu bisa mengerjakan sendiri pembuatan souvenir atau dengan memperkerjakan karyawan yang punya keterampilan serupa. Satu syarat untuk menekuni usaha kecil ini, yakni kreativitas. Kamu harus punya segudang kreativitas agar produk yang kamu hasilkan mempunyai keunikan.

Keuntungan yang diperoleh bisa cukup besar mengingat pemesan souvenir ini biasanya memesan dalam jumlah banyak, misalnya ratusan. Misal, jika satu souvenir dijual dengan harga Rp. 10.000 maka keuntungan yang didapat cukup lumayan besar.

Contoh: souvenir gantungan kunci, gunting kuku, boneka, pembuka botol.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: di atas Rp. 3.000.000


3. Jasa Fotocopy


Fotocopy, menduplikasikan suatu tulisan atau buku. Usaha yang menjanjikan ini bisa menghasilkan pendapatan cukup lumayan jika kamu mendirikannya di tempat yang strategis. Dimana? Di dekat lembaga pendidikan, seperti sekolah atau tempat perkuliahan.

Ini bisa memudahkan mereka untuk mencetak keperluan mereka, seperti tugas-tugas sekolah atau kuliah. Atau mereka juga sering menduplikasi buku pelajaran mengingat harga-harga buku pelajaran yang cenderung lebih mahal daripada mem-fotocopy.

Modal awal memang cukup tinggi mengingat pengadaan mesin-mesin untuk mencetak, komputer, printer, dan kadang jaringan internet. Belum lagi biaya kertas dan perawatan.

Meski mahal di awal tapi usaha jasa fotocopy bisa dikatakan sebagai usaha yang menjanjikan.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal:  Rp. 10.000.000


4. Kos-kosan


Jika kamu punya ruangan berlebih di rumah atau mempunyai rumah tinggal yang kosong maka ini bisa dijadikan ladang usaha yang menjanjikan. Jika tempat ini berlokasi strategis maka bisa mengalirkan uang ke kantong kamu.

Lokasi-lokasi yang berdekatan dengan sekolah atau kampus akan banyak dikontrak oleh mereka yang berasal dari tempat yang jauh, yang tak dimungkinkan untuk pulang ke kampung halaman karena harus bersekolah di tempat yang jauh.

Yang kamu perlukan hanya ruangan yang diisi dengan perlengkapan untuk tidur dan lemari. Barang-barang pelengkap, seperti televisi atau internet bisa kamu pasang jika memang dibutuhkan. Atau kamu bisa memasang tarif sewa yang berbeda dengan kamar yang biasa.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal:  Rp. 5.000.000 untuk keperluan kamar.


5. Salon Pria

Setiap orang punya pendapat berbeda-beda mengenai rambut. Laki-laki itu ada yang suka berambut pendek, ada yang suka berambut panjang.

Kamu bisa menetapkan lokasi salon agar bisnis kamu tetap lancar. Tetapkan pula tarif yang seimbang agar para calon konsumen tak mengeluh biaya yang kelewat mahal.

Modal untuk berbisnis ini adalah cermin, gunting biasa, gunting sasak rambut, alat cukur listrik, sisir besar, sisir kecil, tempat bedak, penjepit rambut, botol spray air, kursi, pisau cukur, kain penutup badan, hingga minyak pelumas gunting.

Jika kamu sendiri merasa kurang mampu melayani banyak pelanggan maka kamu bisa memperkerjakan karyawan lagi. Pembagian keuntungan bisa kamu lakukan dengan sistem bagi hasil sesuai dengan jumlah pelanggan atau dengan sistem gaji bulanan.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp 2.000.000.


6. Website Developer

Saat ini adalah era teknologi dan pemanfaatan teknologi untuk mendapatkan penghasilan bisa dilakukan olehh siapa saja. Jika kamu adalah lulusan jurusan IT , mungkin kamu bisa menjadi seorang website developer untuk mendapatkan penghasilan. 

Tak perlu kerja full time, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan website secara freelance. 

Yang dibutuhkan adalah penguasaan kode-kode HTML, PHP, CSS, dan JSS. Atau penguasaan platform CMS, misal WordPress, Joomla, dan lain-lain.

Jika kamu bukan lulusan IT, kamu yang pernah kursus pembuatan website juga bisa menjalankan usaha ini. Kamu bisa mendapatkan pemasukan yang cukup besar dari usaha kecil ini mengingat membuat website itu membutuhkan waktu cukup lama, belum lagi tingkat kesulitan yang bervariasi.

Usaha yang menjanjikan ini bisa dilakukan dengan cara bergabung dengan forum-forum freelance untuk mendapatkan job, jika kamu baru pertama kali melakukan ini.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp. 0. Pengeluaran hanya untuk biaya listrik.


Artikel Terkait : Langkah-Langkah Mmebuat Website dari Dasar sampai Mahir


7. Usaha Ikan Hias

Jika kamu suka memelihara ikan hias, kamu bisa berbisnis ikan hias dengan memanfaatkan aquarium di rumah atau kolam, jika ada.Usaha kecil ini tidak membutuhkan lahan yang luas.

Agar lebih sukses, selain mempelajari teknik pemeliharaan ikan hias, kamu juga perlu mempelajari teknik pemijahannya.

Ikan hias itu banyak jenis sehingga kamu perlu fokus pada beberapa jenis, atau satu jenis saja, agar kamu tak pusing memeliharanya. Pelihara yang menurut kamu tengah populer di masyarakat.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp 10.000.000


8. Bisnis Fashion


Pakaian selalu ada dalam kebutuhan manusia. Jika kamu suka mengikuti tren mode pakaian, mungkin kamu bisa berbisnis fashion. Ya, selera fashion kamu bisa menjadi nilai tambah dalam bisnis ini.

Bukan pakaian yang berharga jutaan, melainkan pakaian yang bisa dipakai orang sehari-hari tapi tetap mengikuti tren. Bisnis modal kecil ini bisa kamu lakukan dari rumah, baik dengan membuka seperti boutique atau berjualan secara online.

Pastikan kamu menjual barang dengan kualitas sangat baik, selain itu dari sisi foto produk harus ditampilkan sejelas dan semenarik mungkin.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp 500.000


9. Berjualan Voucher Handphone

Kini, hampir setiap orang memiliki handphone. Ini memudahkan untuk berkomunikasi. Kamu bisa melirik ini sebagai peluang usaha. Sebuah usaha kecil yang cukup bisa mendatangkan keuntungan.

Kamu bisa membuka gerai fisik atau berjualan secara online. Karena nominal pulsa itu ada yang dari Rp. 10.000 hingga ratusan ribu rupiah maka pendapatan yang kamu terima juga bervariasi. Tapi ini sebuah peluang menarik.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp 500.000.


10. Kursus Memasak

Kamu suka memasak dan bisa membuat makanan yang luar biasa lezat? Maka kamu bisa mendapatkan pemasukan dari sana. Sangat disayangkan jika kemampuanmu ini tak dibagikan kepada orang lain.

Ini bisa dijadikan usaha kecil yang cukup menguntungkan. Yang perlu kamu sediakan adalah perlengkapan masak yang lengkap. Jika biaya belajar yang kamu tentukan sesuai, tak terlalu mahal atau murah, maka kamu bisa mendapatkan cukup banyak murid.

Target murid bisa mulai dari pasangan muda yang baru saja menikah hingga siapapun yang  ingin belajar memasak. Jika kamu sudah punya peralatan memadai, usaha ini termasuk bisnis modal kecil karena yang kamu butuhkan hanya biaya saat sesi pengajaran, seperti biaya gas dan bahan-bahan untuk memasak.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal:  Rp. 200.000 (jika peralatan sudah lengkap).


11. Beternak Kroto

Keberadaan semut rang rang atau kroto saat di alam liar sudah semakin sedikit. Tapi kebutuhan telur kroto ini malah meningkat. Untuk apa? Untuk pakan burung, ikan hingga umpan pancing.

Karena kebutuhan telur rang rang yang terus meningkat, maka muncullah peluang usaha kecil, meski banyak yang melakukannya di desa. Yakni budidaya kroto. 

Caranya dengan membuat kandang kroto dari rak dan toples.

Harga telur kroto sangat bervariasi, tergantung dari lokasi tempat tinggal kamu. Untuk mendapatkan harga yang pasti, kamu hanya perlu datangi toko burung atau toko yang menjual aneka makanan burung untuk menanyakan harga tampung telur kroto tersebut.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp 130.000.


12. Freelance Content Writer

Kamu senang menulis? Jika iya, kenapa tak buat hobi kamu itu menjadi peluang usaha. Dengan semakin naik daunnya pemasaran online, content writer banyak dicari oleh para pebisnis online.

Mereka membutuhkan tenaga content writer agar jumlah pengunjung situs mereka bisa meningkat. Karena hanya dengan situs web yang informatif dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha yang menjanjikan ini cukup mudah, karena hanya dibutuhkan komputer dan jaringan internet.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp 5.000.000.


13. Toko Online


Berkat kemajuan teknologi, khususnya internet, semua orang kini bisa mencari informasi dan berbelanja di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa memanfaatkan ini sebagai suatu peluang usaha.

Kamu bisa berjualan apa pun yang legal, dari pakaian hingga makanan ringan. Fokus pada barang yang kamu anggap mudah didapatkan dan cepat terjual.

Usaha yang menjanjikan ini bisa kamu akses dari komputer maupun gadget kamu. Ini semua karena kemajuan teknologi. Dengan hanya bermodalkan komputer, jaringan internet, dan produk yang ingin dijual, kamu bisa langsung memulai usaha kecil ini. 

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Relatif, jika hanya komputer dan internet saja sekitar Rp 5.000.000. – Rp. 10.000.000


Artikel Terkait : 5 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan


14. Kursus Bahasa Asing

Pada era globalisasi ini semua bisa saling berhubungan. Tak dibatasi oleh laut dan negara. Bahasa asing menjadi cukup penting.

Jika kamu bisa berbahasa asing, baik Bahasa Inggris ataupun lainnya, kamu bisa membagi keterampilanmu dengan orang lain. Caranya dengan membuka tempat kursus bahasa asing. Kamu bisa membuka usaha kecil ini di rumah sendiri atau kamu bisa mendatangi tempat tinggal murid kamu.

Dibutuhkan hanya keterampilan berbahasa asing kamu dan terkadang papan tulis, alat tulis, serta penghapus.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp 200.000


15. Bengkel

Pengguna kendaraan bermotor di Indonesia sudah sangat banyak, baik roda empat maupun roda dua. Ini bisa menjadi ladang penghasilan yang cukup lumayan. Meski tak semudah bisnis kuliner tapi usaha ini sudah cukup banyak yang menjalankan.

Yang pasti kamu perlu mempunyai keterampilan khusus dalam bidang ini. Modal usaha yang diperlukan bisa di sekitar tempat tinggal sendiri atau menyewa di tempat lain. Biaya berbagai peralatan untuk usaha ini juga cukup lumayan meski tak bisa dibilang kelewat mahal.

Perlu diperhatikan bengkel yang dimaksud ini bukan bengkel yang sebesar dealer penjual kendaraan.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp 1.000.000


16. Kursus Bimbingan Mata Pelajaran Sekolah

Mata pelajaran siswa sekolah saat ini sudah cukup banyak dan jam belajar mereka pun tak sama seperti sepuluh tahun lalu. Cukup melelahkan. Apalagi saat mereka akan menghadapi ujian akhir.

Tak jarang siswa banyak yang kurang paham dengan ajaran guru mereka. Jika kamu punya pengetahuan mumpuni dalam mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, kamu bisa membuka usaha di bidang ini.

Tak berbeda jauh dengan kursus bahasa asing, yang dibutuhkan hanya keterampilan namun keterampilan dalam mata pelajaran sekolah, seperti IPA, Matematika, IPS, dan lain-lain.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp 250.000


17. Jasa Cuci Mobil atau Motor

Meski memiliki kendaraan, tapi tak jarang si pemilik agak malas untuk merawatnya, terutama mencucinya. Ini bisa menjadi peluang usaha yang tak boleh disia-siakan. Pengguna mobil dan motor di Indonesia sangat banyak dan mungkin saja di sekitar lingkungan tempat tinggal kamu banyak memiliki kendaraan pribadi.

Ini bisa mendatangkan keuntungan jika kamu memasang tarif yang sesuai. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha kecil ini tak begitu besar. Kamu hanya butuh air, deterjen, dan berbagai perangkat mencuci lainnya.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp 300.000


18. Jasa Menjahit


Kamu mahir menjahit? Jika iya, kamu bisa membuka usaha menjahit di rumah sendiri. Dengan hanya bermodalkan mesin jahit dan perlengkapan menjahit lainnya, kamu bisa membantu orang lain dalam membuat pakaian sesuai pesanan mereka.

Tarifnya pun bisa kamu sesuaikan agar bisa mendapatkan penghasilan maksimal.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp. 1.500.000


19. Laundry

Orang-orang yang dipenuhi kesibukan terkadang tak sempat untuk mengurus pakaian kotor yang dimilikinya. Alasan mereka menghemat waktu dan tenaga bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis yang bagus.

Usaha laundry bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

Kamu hanya butuh menyediakan perlengkapan mencuci, terutama mesin cuci, sabun cuci, sikat, dan setrika. Jika kamu merasa mesin cuci tidak akan cukup maka kamu bisa menambah beberapa mesin cuci. 

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: ? Rp. 3.000.000


20. Jasa Pijat Rumahan

Jika kamu pandai memijat, menghilangkan pegal-pegal orang lain maka ini bisa menjadi peluang usaha bagimu. Kamu bisa membuka tempat usaha di rumah sendiri atau mendatangi orang yang memanggil kamu untuk dipijat.

Kamu bisa memasang tarif yang sesuai sementara modal yang diperlukan tak begitu besar, hanya berupa minyak pijat.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp. 100.000


21. Usaha Katering

Kamu punya keahlian memasak dan bisa mempersiapkan makanan dalam jumlah banyak, maka kamu bisa membuka usaha yang satu ini. Usaha yang menjanjikan ini biasanya menarik perhatian mereka yang ingin mengadakan pesta besar, seperti pesta pernikahan, ulang tahun, dan lain-lain.

Kamu hanya perlu menyediakan berbagai bahan-bahan pokok, seperti beras, sayur-sayuran, tepung, telur, gula, minyak goreng dan berbagai bahan pokok lainnya.

Berapa modal yang diperlukan? 

Perkiraan modal: Rp. 500.000


Itulah 21 peluang usaha yang menjanjikan dari bisnis kecil yang bisa kamu coba lakukan.

Tapi jika kamu masih ragu dengan kemampuan biaya yang dimiliki dan resiko yang timbul nantinya, mungkin kamu bisa memilih usaha yang satu ini.

Suatu bisnis yang bisa memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis sampingan tanpa resiko yang besar dan tak akan menyita waktu untuk menjalankannya. Bisnis apa itu?

dePLAZA.id adalah jawabannya.


Apa itu dePLAZA?


Ini merupakan sebuah marketplace yang menyediakan berbagai macam produk untuk berbagai kebutuhan. Diantaranya, pakaian, minuman, hingga peralatan elektronik. Terdapat ratusan produk yang bisa kamu jual dari sana.

dePLAZA menyediakan website yang bisa kamu gunakan, website seperti Tokopedia, Lazada, dan lain-lain. Kamu cukup berinvestasi di dePLAZA dan kamu bisa gunakan website itu untuk memulai usaha.

Bagaimana cara kerjanya?

Kamu bisa melakukan bisnis modal kecil di dePLAZA dengan mudah. Jika kamu sudah tahu cara menggunakan website dan paham akan internet serta search engine (mesin telusur) maka kamu bisa memulai usaha kecil ini.

Lalu bagaimana dengan pesanan yang masuk? Bagaimana cara pengirimannya?

Tenang, tak perlu khawatir karena semuanya sudah diurus oleh dePLAZA. Mulai dari produk, pengirimannya, hingga customer service untuk membalas chat yang masuk. Kamu hanya perlu memilih produk yang akan kamu jual.

Kamu bisa melakukannya dari rumah dan yang hanya perlu kamu lakukan adalah mengoptimalkan kinerja website kamu agar mendapatkan banyak pengunjung. Karena dengan banyak pengunjung berarti ada potensi mereka membeli produk dari website kamu.

Dari setiap produk yang terjual dari website kamu maka kamu akan mendapatkan komisi, mulai dari Rp. 1.000 hingga Rp. 2.000.000, tergantung dari produk yang terjual.

Berapa investasi awal?

Kamu bisa mulai berinvestasi dengan membayar Rp. 15.000.000 dan untuk perpanjang cukup membayar Rp. 5.000.000 per tahun.

Apa tidak ada cara lain?

Ada. Yakni dengan mengikuti kursus internet marketing di Babastudio atau mengambil kursus website platinum, juga di Babastudio.

Kamu bisa belajar teknik-teknik pemasaran marketing dan cara-cara membuat website di tempat kursus peraih banyak penghargaan bergengsi ini. Setelah kamu menyelesaikan kursus, kamu bisa menggunakan ilmu pengetahuan yang didapat dengan bergabung di dePLAZA.

Oleh karena itu, jangan ragu lagi belajar di Babastudio dan raih masa depan yang lebih cerah.


NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



10 December 2018 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 5 Peluang Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Siapa Saja: Termaksud Kamu Next Post Strategi Link Building Menggunakan Jaringan Sindikasi Alami