5 Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

5 Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

Banyak orang yang mengeluh saat laptopnya panas. Keluhannya ini biasanya terjadi diimbangi efek-efek yang dihasilkan oleh laptop yang panas tersebut. Laptop yang panas atau overheat menyebabkan terganggunya sistem kerjanya, seperti sering hang, restart tiba-tiba, atau bahkan menyebabkan processor padam, yang merupakan efek paling parah. Mengingat efek yang ditimbulkan, maka sangat dianjurkan untuk Anda memeriksa penyebab seakaligus mencari cari mengatasinya.

Beberapa penyebab laptop menjadi panas yaitu berasal dari komponen yang ada pada laptop itu sendiri. Kenapa dengan komponen laptopnya? Komponen laptop yang memiliki suhu tinggi adalah penyebab laptop yang panas. Hal ini biasanya disebabkan penggunaan laptop yang lama.Berikut beberapa cara untuk mengatasi laptop yang panas atau overheat.

Perhatikan sirkulasi udara laptop
Sirkulasi udara pada laptop harus baik. Tempatkan laptop pada tempat yang berkemungkinan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Jangan tempatkan di atas bantal atau kasur saat menggunakannya. Hal itu akan menghambat sirkulasi udara melalui lubang sirkulasinya yang biasanya berada di bawah atau di samping laptop itu sendiri. Jika ditempatkan di atas bantal, hal ini akan mengakibatkan udara baru akan sulit atau terhambat masuk melalui lubang sirkulasi laptop. Akhirnya, laptop akan menjadi panas dan menurunnya peforma laptop saat digunakan.


Penggunaan cooling pad
Salah satu alat yang dapat mengurangi overheat pada laptop adalah Cooling Pad. Kipas ini berfungsi menurunkan tingkat panas laptop dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop, sehingga sirkulasinya pun menjadi lancar. Ada laptop yang memiliki sistem sirkulasi yang berada di bawah monitor. Pemakaian cooling pad pada laptop jenis ini akan sia-sia karena udara hanya akan melakukan perputaran saja tanpa mereduksi panas laptop.

Lakukan pembersihan pada kipas atau heatsink 

Jika digunakan terus-menerus, bukan tidak mungkin jika kipas banyak terselimuti debu. Debu-debu yang menumpuk dapat memperlambat atau menurunkan kecepatan putar dari kipas. Lakukan pembongkaran dan kemudian bersihkan kipas dan heatsink laptop. Pastikan benar-benar bersih dan ushakan untuk memberi pelumas juga. Dan untuk pembongkaran pertama kali, diharapkan untuk berhati-hati dalam melakukannya.

Penambahan dan pemberian thermal pasta
Suhu yang naik pada laptop tentu didasari juga dengan suhu processor naik pula. Perlu diketahui bahwa laptop diselimutu gel yang melindunginya dari panas yang menjadi penyebab penggunaan laptop yang berlebihan. Gel tersebut adalah thermal pasta. Thermal pasta bertugas menghantarkan panas agar keluar dari chip processor sehingga tidak mengganggu peforma laptop. Berikan gel ini secara berkala agar processor dapa menghantarkan panas dengan baik. 

Nah itulah cara atau langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop cepat panas, selamat mencoba dan semoga berhasil

(cahyono)



IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



13 March 2017 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Tips Membuat Desain Website Yang Menarik Next Post Tips Agar Kamu Menjadi Animator Professional