Definisi Sitemap Dan Cara Membuatnya Pda Wordpress


How to Create a WordPress Sitemap: A Beginner’s Guide

Apa itu Sitemap ?

Sitemap adalah suatu file yang menyediakan informasi secara detail perihal seluruh laman dan konten website anda kepada search engine atau mesin pencari. Sitemap menggunakan navigation, organization, dan labeling system untuk membantu google dan search engine lainnya agar lebih kompeten menelusuri atau crawling pada website anda.

Seberapa penting Sitemap bagi website ?

Secara umum, suatu website akan sangat menguntungkan jika memiliki sitemap. Karena sitemap layaknya kartu undangan bagi crawler dan merupakan index laman website. Ada 2 jenis sitemap, HTML & XML yang masing-masing memiliki nilai dan kegunaanya sendiri dalam hal SEO (Search Engine Optimization). 

Sitemap HTML berfungsi memudahkan pengunjung dalam menavigasi isi website. Sedangkan Sitemap XML yakni memastikan agar URL pada website yang didaftarkan muncul dan terindeks oleh crawler mesin pencari.

Sebelum kita lanjut, berikut ini adalah hal-hal mengenai Sitemap XML yang perlu anda ketahui :

  • Mengirimkan sitemap XML tidak menjamin laman website anda terindex 100%. Sitemap XML lebih dilihat sebagai rekomendasi dari URL yang Anda inginkan untuk di telusuri dan di indeks oleh mesin pencari.

  • URL yang tercantum dalam Sitemap XML tidak memiliki pengaruh besar terhadap peringkat website anda di hasil mesin pencari

Lalu apa pentingnya Sitemap XML ? Simpelnya, dengan Sitemap XML anda akan :

  • Dapat membantu crawler search engine menemukan dan mengindeks URL pada website anda. Jika website anda berskala besar layaknya website e-commerce, kemungkinan crawler akan kesulitan menemukan dan mengindeks laman baru. 

  • Membantu crawler lebih memahami konten website anda. Jika website anda memiliki banyak laman atau menu yang tidak terhubung dengan baik. Anda bisa menggunakan Sitemap XML untuk menginformasikan ke google mengenai laman-laman tersebut agar memudahkan crawler mereka. 

  • Meningkatkan SEO anda. Meskipun tidak meningkat secara signifikan, jika website anda cenderung masih baru dan tidak memiliki banyak external link. Anda bisa menggunakan sitemap XML agar crawler dapat menelusuri antara satu laman dengan laman yang lainnya.

  • Dengan menambahkan tags pada XML sitemap, secara tidak langsung anda mengidentifikasi mana laman yang ingin anda prioritaskan untuk ditampilkan di hasil pencarian.

Dalam Sitemap, anda juga perlu membuat sitemap untuk setiap gambar yang ada. Mengapa demikian ? Karena hal tersebut dapat meningkatkan peringkat website anda pada hasil pencarian berbasis Image atau Gambar. Sitemap Gambar meliputi alt name, title attribute, image caption, dan nama yang bersifat SEO-friendly. Gunakan keyword yang relevan dan sejelas mungkin pada gambar anda.

Dapatkan Diskon 20% Kursus SEO Terbaik Sekarang Juga

Membuat Sitemap XML Pada Wordpress 

Wordpress memiliki caranya tersendiri dalam hal membuat sitemap. Anda hanya perlu menginstall plugin “Yoast SEO”. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Login di Wordpress anda lalu pilih menu Plugin >> add plugin >> ketik keyword Yoast SEO pada kolom search >> install Yoast SEO.

Hasil gambar untuk Yoast SEO


  1. Begitu anda selesai menginstall plugin YoastSEO, pilih menu SEO >> General pada dashboard wordpress anda, dan pilih tab Features.

  1. Pilih menu On dibagian XML sitemap dibawah ini. Lalu klik link See the XML Sitemap untuk melihat sitemap XML dari laman website anda

  1. Selanjutnya akan dialihkan menuju laman yang mengandung daftar URL sitemap dari website anda.


Cara Submit Sitemap XML wordpress ke Google Webmaster

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk submit Sitemap XML anda ke Google Webmaster :

1. Kunjungi Google Webmaster dan login. Jika belum memiliki akun, maka anda harus membuat akun terlebih dahulu

2. Jika sudah, pilih menu index >> sitemap

3. Masukan Url sitemap website wordpress anda dan klik submit / terus

Gambar terkait

4. Selamat, Sitemap Website anda sudah terdaftar. Dalam beberapa hari google akan memproses permintaan anda dan mulai menelusuri (crawling) website anda.  


Kesimpulan

Sitemap bermanfaat untuk website jenis apapun karena tujuan utamanya adalah membuat website yang user-friendly. Sitemap juga dapat membantu mengamankan peringkat teratas pada halaman hasil mesin pencari dan berkontribusi besar membuat website anda lebih mudah di indeks dan di telusuri (crawling).

Baca Juga : Definisi On Page SEO dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya

Sumber : oberlo.com


NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



02 January 2020 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Definisi On Page SEO Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya Next Post 10 Teknik Jitu SEO