10 Teknik Jitu SEO


Hasil gambar untuk seo

SEO atau search engine optimizer merupakan tehnik yang wajib dimiliki setiap developer website. Anda tentunya pasti akrab dengan kata-kata SEO. Setiap tahunnnya Google selalu mengupdate Algoritma sistem pencariannya agar dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Inilah alasan mengapa SEO sangat vital dalam menentukan ranking web pada suatu hasil pencarian.

Berikut ini kita akan bahas sama-sama 10 tehnik jitu SEO yang sedang trending ditahun 2020.


1. Prioritaskan Mobile-First Ranking

Pada Tahun lalu, Google meluncurkan update terbarunya perihal indeks mobile-ranking. Hal ini mengartikan bahwa website yang anda buat wajib cocok pada layar perangkat seluler pengguna atau lebih dikenal Responsif. Lebih dari 90% generasi sekarang mencari informasi diinternet melalui smartphone mereka. 

Untuk membuat website yang responsif, ada banyak tools Open Source yang bisa anda gunakan seperti Bootstrap, Marvel, atau Mobile-friendly test. Cek dan perbaiki broken link yang ada pada website anda, compress semua gambar agar lebih ringan di load di mobile device, serta hindari penggunaan konten yang tidak penting.


2. Optimalisasi Loading Speed Website

Website dengan konten yang baik akan jadi percuma apabila membutuhkan waktu yang lama dalam proses load nya. Suatu website dengan loading speed yang lambat akan mempengaruhi pengalaman pengunjung dan meningkatkan bounce rate. Hal ini tentunya bukan berita baik sebab traffic website anda akan menurun.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan tools seperti Google PageSpeed Insight untuk mengukur kecepatan loading website. Didalam Google Page speed nantinya website anda akan dinilai berdasarkan score serta diberikan beberapa opsi cara meningkatkan kecepatan website.


3. Buat Postingan Dengan Jumlah Kata Yang Banyak

Seiring berjalannya waktu, standar kualitas dari suatu konten selalu meningkat. Konten yang kaya akan informasi sangat mempengaruhi ranking dalam hasil pencarian (SERPs). Jika ingin meningkatkan peringkat website, maka anda dituntut membuat postingan yang penuh kreatifitas dan dikemas dalam format yang menarik. Menyisipkan beberapa studi kasus, data demografik, atau kutipan dari influencer terkemuka bisa menjadi contoh post yang bagus bagi website anda.

Baca Juga : Definisi On Page SEO dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya

4. Revisi Kembali Konten Lama Anda

Terkadang, Konten yang masih fresh dan baru adalah konsep utama dalam tehnik SEO. Tapi bukan berarti anda harus mengabaikan konten lama anda. Hal ini sebenarnya sangat vital namun sering diabaikan. Coba cek kembali konten-konten yang pernah anda buat. Buat beberapa perubahan agar terlihat menarik seperti menambahkan gambar atau video tutorial.

Dapatkan Diskon 20% Kursus SEO Terbaik Sekarang Juga


5. Cari Backlink yang berkualitas

Backlink adalah suatu link yang menghubungkan satu website dengan website yang lainnya. Search engine seperti google menggunakan backlink sebagai tolak ukur dalam menentukan ranking website. Ini artinya memiliki backlink yang berkualitas dapat meningkatkan ranking web anda dan visibilitas SEO hasil pencarian (SERPs).


6. Lakukan Riset Keyword atau Kata kunci

Pengguna internet ketika akan mencari informasi menggunakan keyword spesifik atau kata kunci tertentu. Sebelum anda membuat post, artikel, atau konten ada baiknya agar melakukan riset keyword terlebih dahulu. Semisal web anda bergerak dibidang Fashion, maka anda perlu membuat artikel, atau konten yang berkaitan erat dengan niche Fashion. Contoh kecilnya seperti membuat artikel yang memuat tentang jenis-jenis bahan pakaian serta manfaatnya atau mengupload jenis produk fashion yang sedang trending. 

Untuk memudahkan proses riset keyword, anda bisa menggunakan tools seperti :

  • Moz

  • Semrush

  • Uber suggest

  • Google Keyword Planner

Untuk hal ini, anda perlu menentukan target keyword, dan tool diatas akan memberikan gambaran keyword apa saja yang sedang trending. 


7. Share Konten ke Media Sosial

Hanya bergantung pada satu platform bukan cara yang bagus dalam hal mendapatkan SEO yang baik. Anda perlu menggunakan platform seperti sosial media (facebook, twitter, atau instagram) untuk membangun brand produk anda. Membangun image brand pada sosial media dapat meningkatkan traffic pada website anda.

Sebagai contoh apabila website anda adalah toko baju. Maka setiap kali anda mengupload produk baru anda wajib mengupload produk yang sama pada platform seperti facebook atau instagram. Dengan demikian jangkauan, serta calon customer anda akan lebih banyak dan luas.


8. Bangun Arsitektur Website yang Baik

Struktur website juga merupakan faktor penting dalam SEO. Struktur dari suatu website melambangkan bisnis atau perusahaan anda. Jika anda masih awam dalam hal ini, ada baiknya menyewa jasa desain web dan meminta bantuan dari para pakar website.

Semisal web anda masih tergolong baru, anda bisa fokus pada hal ini. Coba organisir desain web dengan kategori dan sub-kategori agar visitor web anda bisa dengan mudah mencari informasi yang mereka inginkan.


9. Buat lebih banyak Konten Video

Jaman sekarang, konten berbasis video sedang marak-maraknya di berbagai platform diinternet, baik itu di Youtube, Facebook, maupun instagram. Banyak penggunanya yang saling berlomba-lomba membuat konten video yang lucu dan menarik. Hal ini tentunya sangat memicu anda untuk memuat konten video pada blog atau website anda.

Kini, konten video telah menjadi bagian dari SEO yang dikenal sebagai Google video result. Pada google video result, nantinya google akan menyajikan hasil pencarian video berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu. Disinilah anda sebagai pengembang web untuk mencari dan memilih dengan cermat keyword mana yang sesuai untuk konten video anda.

10. Gunakan Tehnik Internal Link atau Deep Linking

Internal link atau Deep link adalah menghubungkan satu halaman ke halaman yang lain yang ada pada blog atau website anda. Menyisipkan link di konten baru yang mengarah ke konten lama merupakan cara jitu agar website anda terindeks dengan baik oleh google. Pastikan saja konten yang dihubungkan masih relevan atau mengandung informasi sejenis.

Misalnya anda membuat artikel baru dengan judul “Tehnik Jitu SEO 2020”, didalamnya bisa anda sisipkan link yang menuju ke artikel “Pengertian dan Definisi SEO” yang pernah anda buat.


Sumber : rankdeckseo.in


NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



02 January 2020 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Definisi Sitemap Dan Cara Membuatnya Pda Wordpress Next Post Apa Yang Dimaksud Dengan Backlink Dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas