Tips & Trik Belanja Online Yang Aman Dan Anti Penipuan

Tips & Trik Belanja Online Yang Aman Dan Anti Penipuan

Semakin lama semakin banyak toko online yang sudah menjamur di Indonesia seperti BukaLapak, TokoPedia, BerryBenka, HijabBenka, Lazada, Ciptaloka dan yang lainnya. Hanya bermodal dengan koneksi internet, Anda dapat menelusuri berbagai toko online yang ada mulai dari toko online berskala kecil hingga besar. Anda hanya cukup memilih barang yang Anda mau, kemudian melakukan pembayaran melalui bank lalu beberapa hari setelahnya barang akan diantar ke rumah Anda. Mudah bukan ? Tetapi, sayangnya ada pihak - pihak tertentu yang memanfaatkan toko online untuk meraih keuntungan dengan cara yang tidak baik yaitu dengan menipu. Saat ini juga tidak jarang banyak terjadi kasus penipuan saat belanja melalui online shop yang membuat sebagian besar orang menjadi khawatir.

Faktanya, tidak semua online shop seperti itu masih banyak online shop yang menjunjung kebenaran dan kepuasaan kostumer. Nah, agar Anda terhindar dari online shop yang mengandung unsur penipuan, berikut tips dan trik belanja online yang dapat Anda coba.

1. Berbelanja di Toko Online yang Terpercaya

Tips belanja online yang pertama adalah dengan memilih toko online yang terpercaya dan sudah terbukti kredibel (resmi). Kenapa ? Karena toko online yang terpercaya pasti sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan mendapat respon yang positif hingga dapat bertahan sampat saat ini. Adapun ciri dari toko online tersebut adalah direkomendasikan oleh banyak orang, review customer yang positif. Dengan memilih toko online terpercaya maka Anda tidak akan rasa khawatir dengan adanya penipuan dan Anda akan merasa lebih puas.

2. Kenalilah Dahulu Produk yang Akan Dibeli
Tips yang kedua adalah kenali dulu detail atau spesifikasi produk yang akan Anda beli. Sebagai contoh, Anda ingin membeli handphone dengan merek tertentu sebelum memesannya secara online, Anda sebaiknya mencari referensi spesifikasi produk tersebut di Internet.

3. Pilih Pembayaran dengan Metode COD
Metode COD adalah singkatan dari Cash on Delivery yang merupakan metode transaksi jual beli online tetapi pembayarannya dengan cara penjual dan pembeli bertemu secara langsung. Dengan metode COD Anda bisa meneliti atau memeriksa barang terlebih dahulu, lalu membayarnya sehingga lebih aman.

4. Gunakan Jasa Rekening Bersama

Pilihlah jenis rekening bersama karena rekening bersama ini sebagai jasa penengah antara penjual dan pembeli. Cara ini bertujuan untuk meminimalisir penipuan sebab uang yang Anda transfer akan ditahan dulu oleh rekening bersama. Jadi, jika barang yang dibeli sudah sampai maka rekening bersama akan mentransfer uangnya ke penjualnya.

5. Jangan Tergiur dengan Harga Murah dan Diskon

Selanjutnya adalah Anda harus hati-hati dengan harga murah dan diskon karena ada toko online tertentu yang menawarkan harga miring hingga setengah lebih murah dari harga yang normal. Jangan langsung terus memborong barangnya, Anda harus kenal dulu toko onlinenya. Terkadang harga yang murah berhubungan dengan kualitas barang yang diberikan. Jadi, buat apa harga murah dengan kualitas rendahan karena bisa jadi hanya bertahan sebentar.

6. Simpanlah Bukti Transaksi

Anda sudah seharusnya menyimpan semua bukti transaksi yang berhubungan dengan belanja yang Anda lakukan misalnya bukti pembayaran melalui bank atau screenshoot dari transaksi yang Anda lakukan melalui internet banking. Hal itu berguna untuk mencegah pihak pihak yang mencoba menipu Anda.

Demikianlah tips dan trik berbelanja secara online, semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

(Ch)




IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



11 April 2017 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Cara Delete Paksa File / Folder Yang Tidak Bisa Dihapus Menggunakan CMD Next Post Inilah Cara Mudah Mengubah Huruf Drive Partisi Hardisk