Trik Mengetahui PC Anda Terserang Virus Atau Tidak

Trik Mengetahui PC Anda Terserang Virus Atau Tidak

Mungkin sebagian dari kita tidak tahu bagaimana cara mengetahui apakah PC kita terserang virus atau tidak. Bahkan seringnya kita tidak sadar kalua PC kita sudah terkena infeksi virus yang mungkin disebarkan melalui flashdisk, email, download file, Bluetooth, kabel USB, menyalin gambar dari internet ataupun penyebab lainnya. Virus yang menyerang PC Anda tentunya akan membahayakan data-data penting yang ada di PC dan merusak perangkat lunak di PC Anda.

Maka dari itu, Anda sebaiknya mengetahui trik untuk mengetahui PC Anda terserang virus atau tidak. Berikut cara untuk mengetahuinya.

1. File Anda Banyak Yang Corrupt

Image result for File banyak Corrupt

Jika Anda menemukan file Anda yang corrupt, missing file ataupun mengalami kerusakan sehingga tidak bisa dibuka, jelaslah itu merupakan ciri-ciri kalau laptop Anda telah terinfeksi. Tentu ini sangat merugikan Anda karena data-data penting Anda bisa jadi hilang ataupun diganti dengan file palsu yang berisi virus yang bisa menyebar ke file lainnya pula.

2. PC Anda Sering Hank

Image result for PC Sering Hank

PC Anda akan sering hank ataupun berhenti secara tiba-tiba (tidak merespon). Lebih parahnya lagi, jika tiba-tiba PC Anda merestart sendiri ataupun tiba-tiba mati. Jika sudah seperti itu, jelaslah virus sudah banyak menginfeksi sistem di komputer Anda.

3. PC Anda Menjadi Lambat

Image result for PC Menjadi Lambat

Jika PC Anda sudah terinfeksi virus , CPU Anda pun dapat menjadi panas karena dipaksa bekerja secara berlebihan dan tidak terkendali dan kinerja PC Anda pun akan menurun drastic dan semakin lambat sehingga sulit sekali untuk menjalankan program.

Semua itu terjadi karena virus memakan banyak sekali memory dan juga RAM sehingga sisa space pada RAM dan hardisk semakin sedikit.

4. Memori Disk Drive Anda Berkurang Tiba-Tiba

Image result for Memori Disk Drive

Pernahkah Anda memeriksa disk drive dan menemukan berkurangnya memori disk drive secara tiba-tiba padahal Anda tidak sedang menginstall software baru ataupun memasukkan data ke disk drive ? Jika iya.

maka Anda sebaiknya mulai mengambil tindakan pemulihan karena PC Anda sudah terinfeksi virus dimana virus tersebut sudah menginstal dirinya sendiri dan memakan banyak RAM PC Anda yang mengakibatkan memori pada disk drive menyusut dan berkurang.

5. Adanya File-File Yang Terhidden

 

Jika Anda menemukan file Anda hilang dan ternyata file tersebut terhidden setelah dicek menggunakan CMD. File yang terhidden tersebut sudah jelas terjangkit virus.

6. Beberapa Program Tidak Bisa Dijalankan / Tidak Berjalan Normal

Image result for Beberapa Program Tidak Bisa Dijalankan

Jika program yang ada di PC Anda sudah terjangkit virus maka program tersebut pun menjadi corrupt. Hal itu menyebabkan program tersebut tidak bisa dijalankan atau tidak berjalan normal seperti biasanya.

7. Koneksi Internet Menjadi Lambat

 

PC yang sudah terjangkit virus, koneksi internet yang terhubung menjadi lambat bahkan terkadang tidak bisa terhubung. Hal itu terjadi karena beberapa virus menyerang PC Anda ketika ada koneksi internet. Bahkan, ketika Anda sedang terkoneksi ke internet, Anda diganggu dengan iklan-iklan aneh dan jendela yang selalu muncul walaupun sudah Anda tutup.

8. Anti-virus Menjadi Off

Image result for Anti-virus Menjadi Off

Virus yang tersebar bisa saja menonaktifkan anti-virus Anda bahkan dapat membuat anti-virus Anda menjadi media penyebaran virus.

(uli)

 


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



10 November 2016 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Sudahkah Kamu Tahu Add-Ons Di Google Docs ? Next Post Cara Membuat Blog Gratis