Kelebihan Dan Kekurangan Website


Kelebihan dan Kekurangan Website

Hasil gambar untuk website

Dulunya, membuat website adalah hal yang rumit, karena membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Untuk membuatnya, anda dituntut memiliki pengalaman luas dalam hal coding dan kreatifitas yang tinggi. Jika anda memiliki modal dalam jumlah besar, hal seperti itu tentunya bukan masalah bagi anda, namun bagaimana jika tidak ? sudah dipastikan membuat website adalah hal yang mustahil.

Tetapi seiring berkembangnya teknologi, kini anda bisa membuat website dengan mudah dan lebih murah. Website seperti Weebly, Squarespace, Weblium, dan Wix menawarkan platform bagi penggunanya untuk membangun website mereka sendiri dengan biaya yang relatif murah.

Yang perlu anda lakukan hanya menentukan tema, drag & drop or custom tata letak, dan website anda siap digunakan. Lalu apa masalahnya ? Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan website yang wajib anda ketahui


Kelebihan menggunakan Website Builder

Tidak memerlukan keahlian coding

Hal utama yang menjadi kelebihan website builder adalah tidak perlunya keahlian coding. Anda tidak perlu bantuan pakar website, anda juga tidak perlu mempelajari basic coding. Karena program ini diciptakan dengan tujuan  untuk mereka yang tidak tahu apapun mengenai coding.

Murah dan cepat

Jika anda butuh solusi cepat untuk permasalahan website anda, website builder hadir untuk memberi anda harapan. Website builder sangat cocok bagi mereka yang baru akan membuat website pertama mereka atau untuk membuat blog pribadi dengan topik postingan tertentu. Website builder lebih murah daripada menyewa jasa web desainer. Anda dapat membangun website anda sendiri hanya dalam kurung waktu kurang dari 30 menit.

Easy to Export

Meskipun ada beberapa website builder yang tidak bisa mengexport situs ke platform lain, namun tidak sedikit yang dapat dengan mudah melakukan hal tersebut. Mengexport laman dan website merupakan hal yang vital. Apabila anda mengganti jenis bisnis dan domain anda, anda tidak perlu repot-repot membangun lagi dari awal. 

Tidak perlu keahlian desain

Website sepatutnya harus terlihat mengesankan. Suatu website harus menggunakan tema atau style agar terlihat menarik secara visual. Website builder tidak menjanjikan website yang sempurna, tapi desainnya cukup efektif menarik pengunjung anda.


Kekurangan Website Builder

Tidak cocok untuk bisnis professional

Website bisnis wajib mempunyai kualitas desain, coding SEO, dan fitur yang serbaguna. Kebanyakan konsumen tidak akan mengunjungi website yang sama untuk kedua kalinya jika website tersebut terlihat jelek atau kurang menarik.

Studi kasus membuktikan bahwa 47% orang percaya bahwa desain website adalah faktor utama yang menentukan kredibilitas. Jadi, jika tujuan anda adalah membuat web bisnis, sangat disarankan untuk menyewa desainer web professional untuk kualitas yang lebih baik.

Desain yang tidak dapat di Custom

Jika anda ingin  website anda tampil bagus, anda perlu pengalaman layaknya seorang professional. Kebanyakan website builder tidak dapat di custom desainnya. Template gratis yang mereka sajikan bersifat generik, tidak responsif dengan mobile device, dan tidak memiliki fitur SEO tambahan.

Loading Time yang lambat

Selain website anda yang kredibilitasnya patut dipertanyakan, website builder memiliki masalah lain yakni kecepatan loading time. Anda pasti menginginkan website yang cepat. Sedangkan website yang dibangun dengan website builder gratis memiliki loading time yang sangat lambat jika dibandingkan dengan platform website berbayar.

Tingkat SEO yang lemah

Code yang acak-acakan  dan tidak terstruktur merupakan hal yang lumrah diantara permasalahan yang ada pada website builder. Hal ini dapat merusak On-Page SEO, yang mana berfungsi meningkatkan visibilitas website anda di mesin pencari seperti google. 

Masalahnya adalah dengan website builder anda hanya dapat kendali atas desainnya saja, bukan code nya. Google sangat suka dengan situs dengan pengorganisasian yang baik dan mengikuti syarat standar hirarki atau kategori tertentu. Jika google senang, maka peluang website anda tampil dihalaman pertama semakin tinggi

Jumlah Pages atau laman yang terbatas

Kecuali jika anda beralih ke layanan berbayar, website builder yang bersifat gratis memiliki limit atau batas pada jumlah halaman yang bisa anda buat diwebsite. Beberapa dari mereka hanya memperbolehkan 5 laman, sedangkan yang lainnya hanya 1 atau dua saja.

Kita sama-sama tau bahwa konten yang sedikit akan mempengaruhi tingkat relevansi website. Hal itu akan menyebabkan visibilitas anda menurun dimanta mesin pencari (SERPs). Kebanyakan orang ingin mengunjungi website yang secara teratur mengupdate konten nya

Fitur Terbatas

Website builder yang gratis hanya menyediakan fitur-fitur terbatas saja. Sedangkan apabila jenis website anda bersifat E-commerce (toko online) anda pasti membutuhkan banyak fitur dan plugin. Hal tersebut tentunya akan mengganggu perkembangan bisnis anda. Jadi tentukan dengan bijak untuk beralih layanan ke paket berbayar.

Layanan Customer Service yang minim

Layanan website gratis pada umumnya tidak akan menawarkan jasa customer service yang baik. Jadi apabila website anda mengalami masalah teknis, anda hanya bisa memecahkan masalah tersebut sendiri. Atau anda bisa menanyakan hal tersebut di forum dan meminta saran.

Flash Based

Kebanyakan website builder berbasis Flash, dan kebanyakan search engine tidak bisa membaca flash. Website anda menjadi tidak bisa dicari (tidak tampil pada hasil pencarian google). Dan hal ini menyebabkan perkembangan website anda  menjadi lambat dan terbatas.


Kesimpulan

Software website builder merupakan tool canggih namun rumit yang ada diinternet.Sama halnya seperti anda menyewa tukang kayu untuk membangun rumah anda, anda ada baikny menyewa jasa web desainer jika ingin membangun website yang serius.

Namun alasan anda membuat website hanya sebagai hobi atau berbagi informasi. Menggunakan website builder adalah pilihan bijak untuk anda.


Sumber : Templatemonster.com

Dapatkan Diskon 20% Kursus SEO Terbaik Sekarang Juga


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



19 December 2019 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Kelebihan Dan Kekurangan Dari 6 CMS Yang Paling Populer Di Tahun 2019 Next Post Panduan Lengkap Website : Kelebihan Dan Kekurangan Website Builder Gratis