Panduan Lengkap Website : Pengertian Website Beserta Jenis Dan Manfaatnya




Hasil gambar untuk website


Seiring berkembangnya jaman, makin banyak orang yang mengenal internet. Karena internet merupakan sumber informasi yang bisa mereka akses dari mana saja dan kapan saja mereka mau. 

Ada banyak jenis website yang ada pada internet mulai dari Sosial media seperti facebook dan Instagram, Toko online seperti Alibaba dan Shopee, Wikipedia, maupun video tutorial di youtube.

Banyak dari anda pasti mengenal apa itu website, namun apa pengertian dari website itu sendiri ? Seperti apa sejarah perkembangan website ? Ada berapa banyak jenis website yang ada diinternet ? Manfaat apa yang mereka berikan ? Melalui artikel ini kami akan menjawab semua pertanyaan itu. 

Daftar Isi :

  • Pengertian website

  • Sejarah Website

  • Unsur-Unsur Website

  • Jenis-Jenis Website

  • Cara Membuat Website

  • Manfaat Website


Pengertian Website

Website adalah sekumpulan halaman yang saling terhubung satu sama lain yang ada di Internet. Jenis halaman yang ada pada website umumnya seperti Home (Landing Page), Artikel/news/blog, Contact info, Daftar produk dan yang lainnya. Semua halaman tersebut terletak pada satu domain (.com, .co.id, .org) yang dapat anda akses dari browser apapun dimana saja dan kapan saja anda mau. Berikut ini adalah salah satu contoh website :

Pada contoh diatas merupakan landing page atau menu home yang ada pada computerhope.com. Bisa anda lihat, pada website tersebut terdapat banyak menu seperti Help, tips, contact, dan yang lainnya. Pada bagian sidebar terdapat icon share sosial media serta kumpulan artikel yang pernah dibuat.


Sejarah Website

Penemu website yaitu Sir Timothy John Berner-Lee atau yang lebih akrab dipanggil Tim. Ia seorang ilmuwan komputer di Inggris. Berners dilahirkan di London, dan orang tuanya juga ilmuwan komputer di era-era awal komputasi.

Website pertama yang terhubung langsung ke Internet  terjadi pada tahun 1991. Awalnya Tim menciptakan website sebagai platform tukar-menukar dan mengupdate informasi antar peneliti ditempat ia bekerja. 

Pada tanggal 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa Website (WWW) dapat digunakan secara gratis oleh publik. Website dapat dimiliki oleh individu, organisasi, atau perusahaan. Pada umumnya sebuah website akan menampilkan informasi khusus dan satu atau lebih topik tertentu.

Namun kini, menurut beberapa hasil survey mengatakan ada hampir 2 juta website di internet. Website baru selalu tercipta setiap harinya dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang berfokus kepada menyajikan informasi tertentu, ada juga yang besifat sebagai platform e-commerce, dan masih banyak yang lainnya.


Unsur-Unsur Website

Secara garis besar, ada 3 komponen vital pada website. ketiga kompone yang dimaksud adalah : 

  1. Domain - Jika website diibaratkan sebagai produk, maka domain adalah merk. Nama domain yang unik akan menarik dapat membuat visitor penasaran untuk mengunjungi website anda. Gunakan nama-nama yang unik dan mudah diingat agar mereka tidak sulit menemukan website anda

  2. Hosting -  Hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website. Biasanya layanan jasa hosting memiliki paket free-trial atau gratis untuk anda. Namun dengan fitur dan kapasitas yang terbatas. Jadi alangkah lebih baik jika anda berlanggan paket berbayar mereka

  3. Konten - Tanpa adanya konten pada website, maka website bisa dikatakan tidak memiliki elemen dan maksud tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video.Contohnya website portal berita, website jual beli barang atau jasa, dan website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi

Jenis-Jenis Website

Website adalah sarana untuk berbagi informasi, menjual atau memasarkan produk, dan maupun sebagai platform sosial tempat anda berinteraksi dengan teman anda secara Online. Ada banyak sekali jenis-jenis website yang ada di Internet, berikut ini kami sajikan jenis website yang ada :

  • Archive Website – Sejenis website yang menyimpan data konten dari satu atau lebih website lain. Internet Archive.org adalah contoh terbaik dari jenis archive website.

  • Blog - berisi artikel yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, ide atau pengalaman penulis. Jumlah artikel yang ditulis berbeda-beda, ada yang satu hari satu artikel atau bahkan satu artikel dalam satu minggu. Hal ini tergantung dari kualitas artikel yang dibuat dan jumlah penulisnya.

  • E-Commerce Website - website yang dibuat dengan tujuan untuk menjual barang atau layanan secara online. Amazon & Alibaba adalah salah satu contoh website e-commerce. 

  • Gaming Website – Gaming website adalah jenis website apa pun yang menampilkan Game yang dapat dimainkan di website. Sering kali game yang ditampilkan dibuat menggunakan HTML5, Flash, atau Java. Gaming website tidak boleh menampilkan konten gaming tanpa adanya game yang relevan yang bisa dimainkan di website tersebut.

  • Government Website – Government website atau situs pemerintah berfungsi untuk menyampaikan informasi mengenai bisnis, layanan, atau proyek yang sedang dikerjakan oleh pemerintah. Biasanya setiap daerah atau kota memiliki Government websitenya masing-masing, yang juga berfungsi sebagai media promosi untuk turis.

  • Media Sharing Website - website yang berspesialisasi dalam hal memungkinkan pengunjung untuk berbagi satu atau lebih jenis media kepada pengguna internet lainnya. Misalnya, YouTube adalah situs untuk berbagi video. SoundCloud adalah situs untuk berbagi musik. Flickr adalah tempat untuk berbagi foto. DeviantArt adalah halaman untuk berbagi karya seni.

  • News Website – Website yang diciptakan untuk memberikan berita baik yang lokal maupun interlokal. News website juga dapat dibuat untuk topik tertentu. Misalnya, banyak website bertemakan Information Technology (IT) yang menyajikan berita perihal perkembangan teknologi yang ada, atau berita terkait teknologi yang lainnya.

  • Social Media website – Website yang bertujuan untuk menghubungkan anda dengan orang lain di seluruh dunia seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Anda bisa memulai obrolan dengan mereka, berbagi cerita dan informasi, atau mengshare foto dan video liburan anda

Selain yang kami sebutkan diatas, ada juga jenis website yang patut anda waspadai yakni Malicious website.  Malicious website adalah website yang dibuat dengan tujuan menginfeksi komputer atau mencuri data pribadi anda. Contoh nya Malware website. Situs web yang dibuat dengan tujuan menyebarkan virus seperti malware, spyware, dan Trojan horse kepada siapa saja yang mengunjungi website mereka. Website sejenis itu biasanya memiliki tombol Download yang apabila anda klik, secara otomatis akan menginfeksi komputer anda dengan script virus.


Cara Membuat Website

Anda bisa membuat website dengan 3 langkah dasar seperti berikut :


1.Pilih Platform Web Builder yang Tepat

Ada banyak sekali platform web builder yang bisa Anda gunakan seperti WordPress, Joomla, dan Drupal. Jika Anda bingung hendak memilih yang mana, kami sarankan memulai dengan CMS terpopuler yang didukung komunitas kuat di seluruh dunia yaitu WordPress. CMS ini tak hanya cocok bagi pemula tetapi juga developer tingkat menengah dan lanjutan. 


2. Pilih Nama Domain dan Hosting 

Nama domain juga penting ketika Anda hendak membuat website. Buatlah nama yang unik namun sesuai dengan tujuan dari konten atau isi website Anda. Biasanya domain dapat dibeli sepaket dengan jasa hosting, ada juga sebagian dari penyedia jasa hosting yang menyediakan Free-trial atau hosting gratis. Tetapi dengan kapasitas yang dibatasi


3. Install dan Konfigurasi Website

Untuk melakukan instalasi, biasanya provider hosting yang bagus sudah menyediakan username dan password agar Anda bisa langsung masuk ke CMS dari website Anda dan tinggal melakukan konfigurasi tambahan sesuai keperluan. Cobalah cari referensi plugin yang bagus buat CMS site Anda dan pilih theme yang responsif.


Manfaat Website

Website memiliki banyak manfaat di kehidupan kita. Anda bisa mengakses media sosial menggunakan website. Belanja online juga terjadi di website. Ketika Anda membutuhkan informasi penting, Anda juga bisa mengaksesnya melalui website.

Manfaat website tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari website. Berikut adalah beberapa manfaat website yang penting untuk Anda ketahui :

Website berfungsi sebagai sarana berbagi Informasi

Hal inilah yang menjadi fungsi utama website Website bisa jadi suatu media untuk anda menyebarkan informasi-informasi ke publik. Banyak orang yang membuat website sebagai sarana berbagi pengalaman mereka seperti website tutorial menggunakan software tertentu, website yang menyajikan resep-resep makanan serta cara membuatnya, dan masih banyak lagi.

Anda pun bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai membuat blog. Dengan membuat blog Anda bisa berbagi cerita atau informasi apa saja. Mulai dari traveling, teknologi, keuangan, bahkan tutorial cara membuat website itu sendiri.


Sebagai Sarana Hiburan

Menjadi sarana hiburan bagi publik juga termasuk ke dalam fungsi website. Misalnya ketika Anda membaca majalah atau komik online, berita soal cara hidup sehat, atau melihat review game atau film dari website yang ada diinternet.

Untuk desain, website yang bertujuan sebagai sarana hiburan biasanya lebih mengutamakan desain yang user-friendly dan efek visualnya biasanya optimal. Untuk jenis konten, biasanya banyak berupa video, carousel, galeri foto, atau podcast.

Sebagai Platform E-commerce

Mungkin banyak dari anda yang mengenal platform E-commerce besar seperti Tokopedia, Amazon, dan Alibaba, mereka semua memanfaatkan website sebagai sarana untuk jual-beli untuk visitor maupun pemilik toko.

Biasanya website e-commerce memiliki banyak fitur seperti payment method, tampilan yang attraktif, gratis ongkir, serta fitur penawaran menarik lainnya. 

Anda juga bisa mengikuti program affiliate marketing untuk menghasilkan uang dari website. Tugas Anda sebagai affiliate marketer adalah mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain di website Anda. Kemudian Anda bisa mendapatkan komisi jika Anda yang membeli melalui website Anda.  


Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, website memiliki banyak sekali jenis dan manfaatnya. Baik itu untuk anda sendiri maupun bisnis yang sedang anda kelola. Anda bisa membuat website pribadi atau blog untuk membagikan cerita atau pengalaman pribadi Anda dengan banyaknya platform website builder yang tersedua.

Sumber : computerhope.com

Dapatkan Diskon 20% Kursus SEO Terbaik Sekarang Juga

 

Pertanyaan Seputar Website


IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

IKUTI TRIAL KURSUS ONLINE. DAPATKAN KUPON DISKON 50%

NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



19 December 2019 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post Penjelasan RSS Feed Dan Bagaimana Cara Kerjanya Next Post Struktur Dasar CSS