Apa Yang Dimaksud Dengan Backlink Dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas


Hasil gambar untuk backlink

Apa itu Backlink ?

Simpelnya, Backlink adalah link yang menghubungkan satu website dengan website yang lain. Backlink yang berkualitas dapat membantu website anda mendapatkan peringkat yang lebih baik pada SEO search engine seperti Google. Dengan Backlink, konten pada website anda terlihat lebih kompeten di mata google.


Bagaimana cara Kerja Backlink ?

Backlink memainkan peran penting dalam algoritma search engine, SEO, dan wajib ada terapkan sebagai salah satu strategi dalam mengembangkan web. Cara termudah menggambarkan backlink adalah sebagai berikut.


Anda memiliki website yang memuat informasi perihal teknologi, dan teman anda (sebut saja Budi)  juga memiliki website dengan topik yang sama menghubungkan (Membuat Link) salah satu artikelnya ke artikel yang anda buat. Namun karena website Budi memiliki ranking yang lebih bagus, banyak pemilik website lain yang  membuat backlink pada website Budi. Dengan demikian website Budi akan semakin berpotensi tampil di halaman teratas hasil pencarian. Dan website anda juga akan ikut terkena dampaknya.


Secara umum, metode backlink merupakan win-win solution dimana kedua belah pihak saling memperoleh keuntungan.


Jenis-Jenis Backlink

Ada 2 jenis backlink yang perlu anda tahu, yaitu :

  • Nofollow Backlink – Tag Nofollow backlink mengartikan agar search engine mengabaikan link yang tertera. NoFollow backlink tidak akan meningkatkan ranking website anda pada mesin pencari dan biasanya digunakan untuk menghindari spam.

  • Dofollow Backlink – adalah jenis link yang tentunya banyak orang inginkan. Link ini berasal dari website lain menuju website anda atau sebaliknya. Jenis link ini dapat membantu ranking web anda pada search engine.


Tetapi perlu diingat ada jenis-jenis link dofollow yang dianggap buruk atau bersifat“toxic”. Biasanya jenis link tersebut berasal dari website yang mencurigakan atau dibuat dengan mengabaikan aturan-aturan yang ada dalam search engine.


Hal ini dapat menyebabkan pinalty pada website anda atau bahkan terkena de-index. Dalam menentukan backlink bukan jumlahnya lah yang jadi tolak ukur, melainkan kualitasnya.


Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink ?

Membangun backlink pada website bukan perkara yang mudah dan membutuhkan waktu serta usaha. Berikut ini ada 7 cara mudah yang bisa anda tiru untuk membangun backlink yang berkualitas :

  1. Buat link dari website anda menuju salah satu profil media sosial anda seperti facebook, twitter, instagram, atau LinkedIn. Dengan demikian, website ada akan terlihat lebih kredibel dimata visitor

  2. Lakukan riset digoogle terhadap postingan anda yang memiliki ranking bagus di hasil pencarian google. Jika ada terus kembangkan. Jika tidak, maka anda wajib mengoptimalkan Onpage maupun offpage SEO anda

  3. Buat postingan dengan yang mengandung unsur 5W +1H (What,When, Why, Who, Which, & How) Seperti “Apa yang dimaksud dengan backlink”, atau “Mengapa backlink penting untuk website anda”, atau anda bisa sisipkan video pada salah satu postingan anda. Format post yang seperti itu biasanya akan mendapatkan lebih banyak backlink dari jenis post biasa.

  4. Buat Postingan yang selengkap mungkin yang meliputi ribuan suku kata, studi kasus, maupun elemen lainnya yang dapat melengkapi informasi yang visitor website anda cari. Anda juga dapat menyisipkan internal link terhadap jenis postingan yang relevan.

  5. Hubungi salah satu influencer atau seorang pakar yang ahli dalam bidang website yang anda jalankan. Anda bisa meminta backlink yang menghubungkan website anda dengan website mereka. Biasanya ada tarif atau biaya yang dibutuhkan untuk hal ini, dan besaran biayanya berbeda-beda tergantung Ranking website mereka


Anda juga bisa meriset sendiri website mana yang bagus untuk diberikan backlink. Tapi dalam prosesnya anda akan membutuhkan tools backlink seperti SEMrush. Tools tersebut akan membantu anda dalam menemukan website mana yang memiliki kualitas baik untuk dipasang backlink.


Hasil gambar untuk SEMrush Backlink


Bagaimana Cara Mengecek Backlink yang saya punya ?

Ada banyak tools bervariasi yang bisa anda gunakan untuk memonitoring backlink yang ada pada website anda seperti Google Search Console, SEMrush, Ahrefs, dan masih banyak yang lainnya.


Mengawasi backlink anda secara rutin amatlah penting karena Google webmaster akan meminta anda agar menghapus link yang berasal dari website yang bersifat toxic. Jika anda mengabaikan hal ini, maka google akan memberikan pinalti dan website anda kemungkinan akan menurun ranking nya pada hasil pencarian google.

Baca Juga : Definisi On Page SEO dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhinya

Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menggunakan tools seperti google search console namun dengan fitur terbatas dan membutuhkan banyak waktu. Namun ada banyak tools yg lebih canggih seperti SEMrush.


SEMrush memiliki 2 area yang fokus pada penanganan backlink. Yang pertama yakni Backlink Analytics yang membantu anda mempelajari kompetitor anda, dan yang kedua yaitu Backlink Audit Area.


Dibawah ini ada contoh backlink audit area yang mana didalamnya, berisi semua backlink yang ada di suatu website.

Hasil gambar untuk SEMrush backlink audit


Backlink tools yang dimiliki SEMrush mampu mengecek setiap backlink yang ada dan mengsortir mana yang bersifat toxic. Dengan demikian anda bisa segera meng-remove atau menghapus link tersebut agar tidak terkena pinalti dari google.



Dari panel ini anda juga bisa mengirim email langsung ke si pemiliki toxic website tersebut. SEMrush juga memiliki fitur seperti Keyword Research, melihat backlink kompetitor anda, dan melihat backlink apa saja yang anda punya. Tracking secara berkala tentang backlink yang anda miliki merupakan Strategi SEO yang terbukti ampuh.


Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami apa itu backlink, manfaat, serta cara menggunakannya. Dan anda mampu menerapkan hal tersebut pada website anda. ?


Sumber : wpbeginner.com/glossary/backlinks/





NAMA PESERTA TEST & PENERIMA BEASISWA

  
  
Loading...



02 January 2020 ADMIN Bagikan di Twitter Bagikan di Facebook Bagikan di Google+ Bagikan di Google+

Artikel menarik lainnya



Previous Post 10 Teknik Jitu SEO Next Post Panduan SEO : 5 Konsep Dasar SEO Yang Wajib Anda Ketahui Di 2020